Cara Memilih Hardisk External yang Bagus dan Sesuai Kebutuhan

Semua orang pasti setidaknya memiliki laptop atau komputer, sekadar untuk menonton film, mengerjakan pekerjaan kampus atau sekolah, atau menggunakannya untuk bekerja. Namun terkadang komputer atau laptop sudah penuh kapasitasnya membuatnya jadi lemot untuk diakses sehingga membutuhkan hardisk external yang baru. Ada banyak cara memilih hardisk external yang bagus tergantung dari kebutuhan dan selera masing-masing. Karena sekarang penggunaan hardisk external sudah umum dan memiliki banyak jenis dan kapasitas serta berbagai fitur yang disediakan. Oleh karena itu, terkadang bingung untuk memilih hardisk yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan dan bisa awet, karena tidak selamanya hardisk yang mahal pun tahan lama untuk menyimpan data Anda. Anda harus memperhatikan cara-cara berikut agar Anda bisa mendapatkan hardisk external yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hardisk external dilihat dari kapasitas penyimpanan

Seseorang memutuskan untuk membeli hardisk karena kapasitas dalam laptop atau PC nya sudah tidak memungkinkan dimasukkan lagi data yang baru. Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin membeli hardisk external penting untuk mempertimbangkan masalah kapasitas sebagai cara memilih hardisk external yang bagus. Sebagai awalnya, Anda harus tahu tujuan Anda untuk membeli hardisk tersebut dan akan digunakan menyimpan data apa ke dalamnya. Karena jika misalnya untuk menyimpan foto dan musik, mungkin hardisk external 500 GB masih muat untuk Anda. Namun, jika Anda ingin menyimpan musik dan foto kualitas tinggi beserta kumpulan film dan video, Anda wajib membeli hardisk external 1TB. Walau bagi Anda yang suka mengoleksi game dengan kapasitas besar, hardisk 1TB saja tidak akan cukup untuk menampungnya.

Hardisk external dilihat dari sistem operasinya

Bahan pertimbangan selanjutnya dalam cara memilih hardisk external yang bagus adalah Anda memperhatikan sistem operasi dari laptop atau PC anda dengan hardisk yang akan Anda beli. Pada umumnya, hardisk external di pasaran terbagi menjadi dua sistem operasi yaitu NTFS untuk PC atau laptop dengan sistem windows dan HFS+ untuk PC atau laptop dengan sistem MAC. Ini bertujuan agar nanti Anda tidak kesulitan untuk mengedit file dan masalah lain yang bisa timbul akibat sistem operasi yang tidak sesuai.

Hardisk external dilihat dari konektivitas dan kecepatan rotasi

Konektivitas dan kecepatan rotasi juga sangat penting dalam cara memilih hardisk external yang bagus. Untuk konektivitas berkaitan dengan tersambung nya hardisk ke PC atau laptop yang pada umumnya menggunakan USB Port walau sekarang sudah ada konektivitas Thunderbolt yang melebihi kecepatan USB Port namun masih jarang dan harganya pun lumayan mahal. Untuk kecepatan rotasi berkaitan kecepatan sebuah hardisk dalam menerima dan membaca informasi agar bisa cepat terakses ke data yang dimaksud. Saat ini ada beberapa hardisk yang sudah memiliki kecepatan 10.000 RPM yang akses datanya bisa sangat cepat.

Hardisk External dilihat dari garansi dan fitur

Sebaiknya Anda memilih hardisk dengan jangka waktu garansi yang lumayan lama karena bisa saja sewaktu-waktu hardisk Anda tiba-tiba rusak. Saat ini, sudah ada garansi hardisk yang mencapai tiga tahun dari masa pembelian. Beberapa hardisk menyajikan fitur seperti password protection untuk foldernya dan back up jika terjadi masalah.

Anda harus teliti dalam cara memilih hardisk external yang bagus karena harganya lumayan mahal dan data Anda pasti akan bermasalah juga jika hardisk external Anda rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *